Ulasan MSI MAG272QR: Monitor Gaming FreeSync 1440p 165Hz

Ada berbagai monitor gaming 27″ 1440p 144Hz yang tersedia, tetapi MSI MAG272QR adalah salah satu model langka yang memiliki panel VA layar datar yang membuatnya ideal bagi mereka yang lebih menyukai rasio kontras tinggi dan tidak menyukai layar melengkung, untuk informasi monitor gaming canggih lainnya di ulasan dell aw2720hf monitor gaming ips freesync 1080p 240hz.

Kualitas gambar

Teknologi panel VA (Vertical Alignment) dipuji karena rasio kontras statisnya yang tinggi. MSI Optix MAG272QR memiliki rasio kontras 3.000:1, yang tiga kali lebih tinggi daripada layar panel IPS dan TN.

Hasilnya, Anda mendapatkan warna hitam yang lebih pekat secara signifikan dan warna putih yang lebih cerah, yang membuat hubungan keseluruhan antara nada paling gelap dan paling terang menjadi lebih jelas.

Selain itu, monitor VA tidak mengalami IPS glow, menjadikannya ideal untuk bermain game atau menonton film di ruangan gelap karena detail dalam bayangan dapat sangat menonjol.

Sudut pandang adalah 178° horizontal dan vertikal; sementara mereka tidak selebar panel IPS dalam penggunaan nyata, mereka jauh lebih baik daripada sudut pandang sempit 170 °/160 ° pada panel TN.

Hanya ada sedikit perubahan kontras, dan hanya saat melihat layar off-axis.

Selanjutnya, MSI MAG272QR mendukung gamut warna lebar dengan cakupan DCI-P3 95,6% (123,7% sRGB) yang ditentukan.

Ini menghasilkan warna yang lebih hidup dan hidup, tetapi juga berarti bahwa konten sRGB (yang mencakup sebagian besar game, konten web, aplikasi Windows, dll.) akan memiliki warna yang terlalu jenuh.

Misalnya, itu dapat membuat logo merah YouTube tampak sedikit neon-merah muda, yang beberapa pengguna tidak keberatan, beberapa membenci, dan beberapa bahkan lebih suka.

Sayangnya, monitor MSI MAG272QR tidak memiliki mode emulasi sRGB yang akan membatasi output warna hingga ~100% sRGB untuk representasi konten sRGB yang lebih akurat.

Anda dapat menggunakan mode ‘Desainer’, yang memang mengurangi saturasi warna, tetapi juga menerapkan warna dingin/biru pada gambar.

Karena panel VA tidak digunakan untuk pekerjaan kritis warna, ini bukan masalah besar. Namun, jika Anda lebih menyukai warna yang akurat untuk konten sRGB, Anda perlu mengkalibrasi monitor secara manual.

Dengan kata lain, warnanya memang terlihat kaya dan cerah berkat gamut yang lebar, tetapi beberapa pengguna mungkin merasa kekurangan mode sRGB yang dikalibrasi dengan benar mengecewakan.

Selanjutnya, karena setiap unit monitor memiliki kalibrasi yang sedikit berbeda di luar kotak, jarak tempuh Anda mungkin berbeda dalam hal akurasi warna pada tampilan khusus Anda.

Monitor ini juga mendukung HDR (High Dynamic Range). Itu dapat menerima sinyal HDR10 dan menampilkannya, tetapi untuk pengalaman menonton HDR yang tepat, monitor akan membutuhkan kecerahan puncak dan rasio kontras yang jauh lebih tinggi.

Dengan kecerahan puncak 300-nit, MSI MAG272QR lebih dari cukup terang dalam kondisi tampilan normal, tetapi untuk kualitas gambar HDR yang menonjol, dibutuhkan setidaknya 600-nits serta peredupan lokal.

Monitor HDR dengan fitur-fitur ini memang ada – tetapi, tentu saja, lebih mahal.

Karena gamut warna monitor yang lebar dan rasio kontras asli yang tinggi, beberapa konten HDR sebenarnya akan terlihat lebih baik, tetapi sebagian besar waktu, Anda lebih suka menonaktifkannya.

Terakhir, resolusi 2560×1440 Quad HD monitor sangat ideal untuk layar berukuran 27″ karena Anda mendapatkan kerapatan piksel ~108 piksel per inci, yang menghasilkan detail sebening kristal dan banyak ruang layar tanpa perlu penskalaan, jika Anda ingin membeli monitor gaming terbaru dan tercanggih Anda dapat membelinya di Gaming Monitor Singapore dengan harga terjangkau.

Pertunjukan

Jeda input MSI MAG272QR hanya mencapai ~4 ms, yang membuat penundaan yang tidak terlihat pada 165Hz.

Sekarang, MSI menentukan kecepatan waktu respons 1 ms untuk MAG272QR. Namun, ini berlaku untuk ukuran MPRT (Moving Picture Response Time), bukan waktu transisi piksel GtG (Abu-abu ke Abu-abu) standar.

Untuk mencapai MPRT 1 ms, Anda perlu menggunakan teknologi Anti Motion Blur, yang, setelah diaktifkan, menyalakan lampu latar untuk mengurangi kesan tertinggal di belakang objek yang bergerak cepat.

Meskipun meningkatkan kejernihan gerakan, ia mengorbankan kecerahan gambar saat aktif. Lebih lanjut, teknologi ini tidak dapat aktif secara bersamaan dengan AMD FreeSync.

Sama seperti kebanyakan monitor panel VA, ada noda yang terlihat di game yang bergerak cepat, yang paling jelas terlihat dalam adegan gelap karena piksel gelap membutuhkan waktu lebih lama untuk berubah menjadi warna yang lebih cerah.

Jumlah corengan dan gerakan kabur dapat diabaikan untuk game kasual. Namun, jika Anda seorang gamer FPS hardcore, Anda harus mempertimbangkan monitor GtG 1 ms yang lebih cepat.

Ada tiga mode overdrive waktu respons: Normal, Cepat, dan Tercepat.

Jika Anda menggunakan FreeSync dan kecepatan bingkai Anda biasanya sekitar 144FPS – 165FPS, mode Tercepat akan menghilangkan sebagian besar ghosting. Pada FPS yang lebih rendah (60 – 120FPS), Anda harus menggunakan mode Cepat untuk mengurangi overshoot piksel.

FreeSync memungkinkan monitor untuk mengubah kecepatan refreshnya secara dinamis (Hz=FPS) untuk sepenuhnya menghilangkan layar yang sobek dan tersendat dengan penalti lag input minimal (~1ms).

Rentang MSI MAG272QR FreeSync adalah 48-165Hz. Di bawah 48Hz, LFC (Low Framerate Compensation) masuk dan melipatgandakan frame rate untuk kinerja yang lebih halus (47Hz -> 94FPS).

Meskipun NVIDIA tidak secara resmi menyatakannya sebagai ‘Kompatibel dengan G-SYNC,’ AMD FreeSync juga bekerja dengan baik dengan kartu NVIDIA (seri GTX 10 atau yang lebih baru). Anda hanya perlu mengaktifkannya di panel kontrol NVIDIA secara manual.

Namun, beberapa unit Gaming Monitors MSI MAG272QR menunjukkan kedipan kecerahan VRR, yang merupakan masalah umum untuk monitor berdasarkan panel VA Samsung.

Perhatikan bahwa monitor memiliki lampu latar bebas kedip (kecuali saat Anti Motion Blur diaktifkan) dan filter cahaya biru rendah terintegrasi yang memungkinkan Anda menikmati sesi permainan yang lama tanpa ketegangan mata atau sakit kepala.

Fitur

Menu OSD (On-Screen Display) monitor diatur dengan baik dan mudah digunakan berkat joystick 5 arah yang ditempatkan di bagian belakang monitor.

Atau, Anda dapat menggunakan aplikasi desktop Gaming OSD dan melakukan semua penyesuaian menggunakan keyboard dan mouse Anda. Anda juga dapat menautkan aplikasi ini ke ponsel cerdas Anda sehingga Anda dapat mengakses beberapa pengaturan dari jarak jauh.

Fitur game yang patut diperhatikan termasuk Night Vision yang mengubah kelengkungan gamma untuk membuat objek dalam bayangan lebih terlihat di video game.

Ada lima mode Night Vision: Off, Normal, Strong, Strongest, dan AI (mencegah area terang yang terlalu terang).

Fitur lain termasuk overlay crosshair kustom, Mode Game pra-kalibrasi (FPS, RTS, RPG, dll), dan alat penyesuaian gambar standar lainnya seperti kontras, kecerahan, ketajaman, suhu warna, dll.

Di bagian belakang monitor, terdapat strip LED RGB yang dapat Anda sesuaikan (warna berbeda, pola, dll) melalui fitur Mystic Light. Anda juga dapat menyinkronkan pencahayaan RGB dengan periferal lain yang kompatibel dengan Mystic Light.

Desain & Konektivitas

Desain monitor terdiri dari bezel ultra tipis dan dudukan serbaguna dengan penyesuaian ketinggian hingga 100mm, putar +/- 75°, pivot +/- 90°, kemiringan -5°/20°, dan kompatibilitas pemasangan VESA 100x100mm. Ini memiliki lapisan layar anti-silau matte.

Pilihan konektivitas berlimpah dan mencakup dua port HDMI 2.0b, satu input DisplayPort 1.2, dan port USB tipe C (dengan Mode Alt DP 1.2, Pengiriman Daya 15W, tanpa transfer data).

Port lain termasuk jack headphone dan hub dual-USB 2.0 (2 downstream + 1 upstream).

Perhatikan bahwa HDMI 2.0 dibatasi hingga 144Hz pada 2560×1440.

Untuk 165Hz, Anda harus menggunakan DisplayPort atau USB-C dengan kedalaman warna 8-bit. Untuk warna 10-bit, Anda perlu membatasi kecepatan refresh hingga 120Hz karena keterbatasan bandwidth DisplayPort 1.2.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.